6 Cara Pecandu Rokok Dapat Hindari Kanker


Pria yang sedang menyalakan rokok.
Penyebab utama kanker adalah merokok. Sudah terpampang jelas di mana-mana tentang bahaya akan merokok bahkan tertera juga di kemasan rokok itu sendiri. Selain kanker, rokok juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Selain itu, asap rokok juga sangat berbahaya dan dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit lainnya.

Beberapa jenis kanker yang di sebabkan oleh kebiasaan merokok adalah kanker lambung, kanker ginjal, kanker paru-paru, kanker mulut, kanker serviks, kanker tenggorokan, kanker kandung kemih, kanker pankreas, kanker rongga hidung, dll.

Risiko terkena kanker hampir 10 kali lebih besar untuk perokok dibandingkan dengan bukan perokok. Ini juga tergantung pada perokok dari berapa lama seseorang telah merokok dan sampai sejauh mana.

Mayoritas orang-orang di negara kita yang meninggal karena kanker paru-paru penyebabnya adalah kebiasaan merokok.

Selain perokok itu sendiri, asap yang di timbulkan oleh rokok jika di hirup oleh orang yang tidak merokok atau biasa di sebut dengan perokok pasif juga dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan coba memberikan Anda 6 cara bagaimana perokok dapat mengurangi resiko kanker, simak ulasannya berikut ini.

1. Kurangi merokok
Hal ini tentu sangat sulit untuk di lakukan oleh perokok manapun di dunia ini bila mereka sudah benar-benar kecanduan rokok. Tetapi, jika seseoarang sudah benar-benar memiliki tekad untuk berhenti merokok, maka itu bukanlah hal yang mustahil untuk di lakukan. Bahkan, jika pada awalnya mereka memulai dengan merokok hanya beberapa batang saja sehari, mereka sudah mendapatkan manfaat di banding dengan kebiasaan beberapa bungkus sehari. Mengurangi jumlah konsumsi rokok benar-benar akan membantu Anda meminimalisir terserang kanker.

2. Mengubah Kebiasaan Makan
Kebiasaan orang-orang kita yang sebagian besar adalah perokok yaitu apabila mereka selesai makan, bukan pencuci mulut yang mereka cari, melainkan sebatang rokok. Hal itu malah membyat kualitas makan Anda menjadi buruk. Percayalah, saat Anda memutuskan untuk berhenti merokok, Anda akan mengalami peningkatan nafsu makan, perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan agar tubuh Anda menjadi lebih sehat.

3. Konsumsi Obat
Tanyakan kepada dokter Anda tentang penggunaan dan kemungkinan efek samping dari obat-obatan dan produk pengganti nikotin. Para dokter lokal dan apoteker juga dapat membantu Anda menemukan beberapa sumber di wilayah Anda yang dapat membantu Anda berhenti merokok. Ini adalah bagaimana perokok bisa mengurangi risiko kanker.

4. Motivasi Untuk Berhenti Merokok
Tidak ada yang dapat merubah kebiasaan merokok dari seseorang selain dirinya sendiri. Jadi, Anda harus memiliki motivasi serta niat yang kuat untuk berhenti merokok. Hal ini dapat meyelamatkan hidup Anda dari kanker.

5. Tunjukkan kepedulian Anda
Menyampaikan berbagai hal, termasuk bahaya kanker merokok dengan menunjukkan kepedulian Anda terhadap perokok. Mengekspresikan ketakutan Anda sendiri bahwa Anda cukup khawatir tentang kesejahteraan dan masa depan perokok, untuk meyakinkan dia untuk berhenti merokok. Ini adalah metode tidak langsung tentang bagaimana Anda dapat membantu perokok untuk menghilangkan kecanduan merokok. Karena bukan hanya perokok yang dapat terkena kanker melainkan orang yang menghirup asap rokok itu sendiri juga, jadi tidak ada salahnya Anda harus mulai peduli dengan lingkungan sekitar Anda.

6. Berhenti Merokok
Sekali lagi, mungkin bagi pecandu rokok, hal ini adalah sangat mustahil untuk di lakukan. Tetapi jika segala sesuatu datang dari niat yang kuat, maka hal itu tidaklah sulit. Jika Anda mungkin sudah berhasil mengurangi kebiasaan merokok, maka cobalah untuk meningkatkannya dengan BERHENTI merokok. Karena bukan saya, bukan keluarga Anda, bukan juga teman Anda, bukan orang lain yang dapat membantu Anda menyelamatkan diri Anda melainkan diri Anda sendiri. Mulailah gaya hidup sehat untuk kehidupan yang lebih baik.



Sumber : Boldsky





0 komentar:

Posting Komentar