Mengira Karena Gigitan Hewan, Ternyata Ini Yang Terjadi Pada Tubuhnya

Foto dari Calvina, penderita Vaskulitis.
Hampir satu dekade lalu, seorang wanita bernama Calvina sedang memotong rumput di halaman rumahnya di Oklahoma ketika dia merasakan sesuatu menggigit pergelangan kakinya. Tidak lama setelah itu muncul bercak hitam disertai rasa gatal di lengannya. Lalu mulai menyebar ke seluruh tubuhnya.

Setelah dia memeriksakan diri ke dokter kulit untu biopsi, dokter mengatakan Calvina memiliki masalah dengan sarafnya. Karena belum merasa puas dengan keterangan dokter kulit sebelumnya, lalu dia pun memeriksakan diri ke dokter kulit lain, dan dokter lain mengatakan bahwa Calvina mengalami alergi. Tapi tidak ada satupun obat yang berhasil menghilangkan bercak hitam di sertai gatal yang menyerangnya.

Kesalahan dokter adalah, mereka tidak pernah memeriksa sistem kekebalan tubuh Calvina, hal itu yang kemudian terbukti menjadi kesalahan besar.

Calvina merasa hidupnya bagaikan di neraka. Saat benjolan hitam yang terasa sangat gatal itu berdarah setelah dia menggaruknya tanpa henti. Tanda tebal, keras dan bulat muncul di perutnya, punggung, kaki, bahkan wajahnya. Hal itu sangat berdampak terhadap semua aspek kehidupannya, mulai dari karir hingga kehidupan sosialnya.

Setelah tujuh tahun hidup dengan kondisi kulit yang tidak terdiagnosis, akhirnya Calvina memberanikan diri membagikan kisahnya di salah satu acara kenamaan yaitu The Doctors. Para dokter dalam acara tersebut pun belum pernah melihat kasus seperti yang di alami Calvina sebelumnya.

Calvina juga mengakui bahwa dia selalu menjadi pusat perhatian publik. "Jika aku memakai lengan pendek, dan mereka tidak mengetahui kisah saya, mereka akan memberikan wajah seperti, "Ya Tuhan, apa itu? Jangan sampai menyentuhnya," cerita Calvina.

Setelah Dr. Batra melakukan serangkaian tes pada Calvina, dia akhirnya bisa mendiagnosa kondisi kulit aneh yang di alaminya, adalah vaskulitis urtikarial dan hipotiroidisme.

Vaskulitis urtikaria adalah gangguan autoimun yang langka. Menurut Yayasan Vaskulitis, itu adalah bentuk vaskulitis yang mempengaruhi kulit, menyebabkan bercak atau gatal-gatal atau bercak merah karena pembengkakan pembuluh darah kecil.

Dari kebanyakan kasus, penyebab dari penyakit ini tidak diketahui dan mungkin berkaitan dengan lupus eritematosus sistemik, rheumatoid arthritis dan sindrom sjogren. Hypothyroidsm adalah gangguan autoimun lain yang terjadi ketika kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid kuranag dari jumlah yang di butuhkan tubuh.

Cerita Calvina sangat menginspirasi banyak orang didunia. Calvina membuktikan bahwa mengapa orang yang menderita penyakit aneh atau membingungkan harus selalu memeriksakan sistem kekebalan tubuh mereka secara rutin, untuk mengetahui jika ada peningkatan darah yang abnormal.

Serta mengajarkan kepada kita semua bahwa jangan pernah menganggap masalah kesehatan itu sebagai hal yang sepele.

Sumber: Littlethings.com

1 komentar:

  1. Wah ... danger banget tuh sampai dokternya salah. Beruntung ada dokter yang tahu masalahnya.

    BalasHapus