Fakta Tentang Penyakit Panas Pada Anak

Anak yang demam.
Sebagai orang tua, sangat penting untuk mengetahui tentang penyakit panas pada anak-anak. Terutama di musim  panas seperti sekarang ini, penting untuk mengawasi kesehatan anak Anda ketika suhu udara terlalu panas.
Tubuh manusia pada dasarnya menghasilkan panas. Tapi apa yang terjadi jika panas yang di hasilkan tubuh terlalu ekstrim? Nah,  panas tubuh yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit tertentu.

Ketika suhu tubuh Anda naik ke tingkat tertinggi di mana hal itu dapat mengancam jiwa Anda, hal itu biasa di sebut dengan Heat-Stroke. Anak-anak tidak akan bisa bertahan dalam kondisi ini, maka dibutuhkan bantuan medis segera.

Meskipun Anda tiadk bisa menahan anak Anda untuk tidak keluar ruangan di musim panas ini, penting untuk mendidik mereka tentang bagaimana penyakit panas ini terjadi.

Anak-anak secara bertahap akan belajar tentang pendinginan diri untuk menghindari penyakit tersebut.

Berikut beberapa fakta tentang penyakit panas pada anak.

1. Panas Kram
Pastikan bahwa anak-anak Anda minum air dalam jumlah yang cukup. Kram panas hanyalah kram di bagian tertentu dari tubuh Anda yang merupakan hasil dari panas yang berlebihan.

Kram ini biasanya terjadi singkat namun sangat menyakitkan untuk menaganinya, apalagi jika hal ini terjadi pada anak-anak. Ketika keringat tubuh anak ANda berlebihan, panas kram ini dapat terjadi. Meskipun hal ini tidak terlalu serius, mengabaikan hal ini dapat menyebabkan kondisi serius lainnya.

Berikan beberapa larutan garam-gula pada anak Anda untuk di minum dan memijat daerah yang terkena kram dengan lembut. Hindari sinar matahri jika memungkinkan.

2. Panas Kelelahan
Ketika seseorang terkena iklim panas dan tidak mendapatkan asupan air dengan baik, kelelahan panas bisa terjadi. Ini adalah kondisi yang sangat parah. Bagaimana mengetahui apakah anak Anda menderita panas kelelahan?

Nah, lemah lesu, haus, kram, sakit kepala, mudah marah, pingsan, suhu tubuh tinggi,dll adalah beberapa gejala serangan panas kelelahan pada anak.

Jika hal ini terjadi pada anak Anda penting untuk segera membawa anak Anda ke dalam ruangan. Menyeka tubuh dengan kain basah juga dapat membantu. panas karena kelelahan pada anak dapat berbahaya. Penting untuk segera berkonsultasi kepada dokter.

3. Heatstroke
Jangan pernah mengabaikan Heatstroke pada anak-anak karena hal ini dapat merenggut nyawa seseorang. Ketika seseorang mengalami kondisi ini, suhu tubuh bisa melampaui 105 derajat yang bisa mengancam nyawa. Pengawasan medis segera sangat di perlukan dalam kasus ini.

4. Tindakan Pencegahan
Agar anak-anak Anda terhindar dari 3 hal di atas, pertama, biasakan unuk minum air yang cukup selama musim panas. Gunakan pakaian berbahan katun pada anak-anak Anda. Jangan biarkan anak-anak Anda bermain lari-lari di panas matahari yang terik karena itu berbahaya. Dididklah anak-anak Anda tentang gejala penyakit panas sedini mungkin agar Anda pun tidak menyesal kelak, karena penyesalan selalu terjadi di belakang dan hal-hal yang besar bermula dari hal yang kecil. Jadi jangan sepelekan hal-hal yang Anda anggap kecil karena mungkin hal itu bisa berdampak besar ke depannya bagi Anda.

1 komentar:

  1. Harus hati-hati ya jika anak panas. Jangan sampai kena yang heatstroke juga yang lainnya.

    BalasHapus