8 Pelapor Paling Terkenal di Dunia


Edward Snowden.
Beberapa orang menganggap orang yang suka melaporkan sesuatu adalah pengkhianat, sementara yang lain menyebut mereka sebagai pahlawan. Apapun itu, para pelapor tersebut memiliki dampak yang besar dalam sejarah umat manusia.

Para pelapor berikut adalah mereka yang rela mempertaruhkan karir serta hidup mereka untuk membongkar kepada khalayak ramai tentang kesalahan yang orang berkuasa atau instansi pemerintah serta perusahaan swasta lakukan kepada masyarakat luas yang mereka saksikan dengan mata mereka sendiri dan mereka ketahui dengan jelas.

Mereka berani membocorkan informasi sensitif kepada masyarakat yang membuat masyarakat mengubah persepsinya tentang pemerintah dan perusahaan swasta yang bersangkutan selamanya.

Hal ini pun selalu menjadi subyek perdebatan apakah sikap pelapor ini harus kita benarkan dan kita dukung atau tidak. Tetapi tidak ada yang bisa menyangkal pengaruh yang mereka miliki sangat besar bagi masyarakat dunia.

Berikut adalah daftar 8 orang pelapor yang paling terkenal di dunia.

1. Linda Tripp
Linda Tripp adalah mantan kaeyawan Gedung Putih dan Pentagon yang mengungkap skandal yang melibatkan Presiden BillClinton dan Monica Lewinsky pada tahun 1998. Hal ini mengakibatkan upaya dari beberapa pihak untuk dapat menjatuhkan atau melengserkan kekuasaan Bill Clinton saat itu. Tripp akhirnya diberhentikan dari pekerjaannya pada tahun 2001, tetapi karena merasa apa yang ia laporkan benar adanya, akhirnya diapun menempuh jalur hukum dan memenangkan perkara dan mendapatkan uang kompensasi dalam jumlah yang besar.

2. Coleen Rowley
Serangan World Trade Center pada 11 September 2001 di pagi hari adalah salah satu episode yang mengerikan dalam sejarah Amerika. Ini adalah pertama kalinya tanda-tanda terorisme diwujudkan di tanah Amerika. Tetapi sebelumnya seorang agen lapangan FBI sudah melaporkan tentang kecurigaannya tentang Zacrias Moussaoui, salah satu penyerang bunuh diri di World Trade Center, dan dia telah meminta ijin untuk mencari rumah Zacrias. Namun permintaannya ditolak, dan itu menyebabkan tragedi 11 September 2001 tidak dapat dihindari. Hal itu membuatnya menjadi salah satu pelapor paling terkenal di dunia.

3. Peter Buxtun
Seorang karyawan dari Dinas Kesehatan Amerika Serikat, Buxtun berperan besar dalam mengungkap dan mengakhiri percobaan Tuskegee sifilis yang membuatnya menjadi salah satu pealapor paling terkenal di dunia. Dia berperan sebagai bagian dari studi ini, dimana banyak orang miskin yang menderita penyakit ini tetapi tidak diobati. Mereka disesatkan dan menjadi bahan percobaan semata selama empat dekade. Setelah beberapa protes yang di lakukannya kepada atasanya mengalami kegagalan, akhirnya Buxtun mengekspos ke media tentang temuannya tersebut. Karena itu hal ini terekspos sebagai salah satu eksperimen paling kejam dalam sejarah medis.

4. Frank Serpico
Frank Serpico merupakan seorang polisi New York City, sosok dan kisahnya di angkat ke dalam sebuah film yang berjudul Serpico 1973, dimana sosoknya di perankan oleh Al Pacino. Kisahnya adalah salah satu yang paling menarik, karena keberanian serta tekadnya untuk mengekspos kejahatan yang di lakukan oleh orang-orang di sekitar departemennya. Terkejut oleh korupsi yang terjadi di departemennya yaitu kepolisian, ia tergerak untuk melaporkan hal tersebut kepada atasannya, namun hasilnya nihil. Lalu ia pergi ke New York Times dan membagikan kisah yang ia lihat melalui media. Cerita yang ia sebarkan mendorong beberapa tindakan kuratif. Serpico harus membayar harga untuk tindakannya, dia mengalami penembakan saat sedang melakukan razia, namun dia berhasil selamat dari serangan dan memutuskan untuk pensiun dan pindah ke luar negeri.

5. Karen Silkwood
Karen Silkwood harus membayar dengan nyawanya untuk mengungkap apa yang dia percaya itu salah. Dia adalah seorang pekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir Kerr-McGee di Oklahoma. Dia menemukan berbagai pelanggaran dalam peraturan keselamatan dan melaporkannya ke Komisi Energi Atom. Namun, tidak lama setelah ia melapor, ia mengalami eksposur plutonium besar yang misterius. Rumahnya terkontaminasi logam radioaktif dalam jumlah yang besar. kemudian Silkwood memutuskan untuk menyerahkan bukti-bukti dokumen yang ia temukan untuk di ungkap lewat media koran, tetapi sebelum bukti itu bisa sampai, dia ditemukan tewas di dalam mobilnya, dan dokumennya pun hilang tak berbekas.

6. Edward Snowden
Edward Snowden adalah Daniel Ellsberg dari abad ke-21. Mantan Kontraktor Badan Keamanan Nasional menjadi pusat perhatian dunia ketika ia membocorkan informasi rahasia mengenai program pengawasan massa yang di lakukan oleh pemerintahan Amerika Serikat yang menyeragng privasi warganya. Setelah didakwa melakukan penghasutan, dia sekarang tinggal di Rusia sebagai pengungsi politik.

7. Mark Felt
Skandal Watergate adalah salah satu episode paling terkenal dalam sejarah politik di Amerika. Skndal tersebut menyebabkan lengsernya kekuasaan presiden Richard Nixon pada tahun 1974 dan menjadikannya satu-satunya presiden Amerika yang mengundurkan diri. Dan semua itu karena seorang informan rahasia, yang di kenal dengan sebutan Deep Throat, yang merupakan orang di balik artikel yang di publikasikan di Washington Post Bob Woodward dan Carl Bernstein. Identitasnya hanya terungkap pada tahun 2005 sebagai Mark Felt. Sejak hari itu Mark terhitung sebagai salah satu pelapor paling terkenal di dunia.

8. Daniel Ellsberg
Daniel Ellsberg adalah pelapor paling polpuler dalam sejarah di dunia. Perang Vietnam adalah salah satu peristiwa yang ingin dilupakan oleh pasukan Amerika. Karena apa? Karena mereka di kalahkan baik secara politik maupun militer oleh gerilyawan Vietnam. Sebelumnya, pemerintah Amerika memainkan banyak trik kotor untuk membenarkan intervensi militer mereka di negara Asia Tenggara. Ellsberg adalah seorang analis militer yang membocorkan informasi mengenai kebenaran tentang rencana ini. Dikenal sebagai Pentagon Papers, dokumen-dokumen ini diterbitkan oleh The New York Times dan The Washington Post. Dia didakwa melakukan penghasutan, tetapi dia menang.

Sumber: Wonderslist

0 komentar:

Posting Komentar