10 Hewan Paling Cerdas di Dunia

Gurita.
Manusia selalu di anggap satu-satunya makhluk yang paling cerdas di dunia tetapi sepertinya anggapan itu akan sedikit tersisihkan. karena nyantanya ternyata ada beberapa hewan yang juga memiliki kecerdasan dalam banyak hal dan bahkan kadang-kadang mereka memiliki kekuatan otak di beberapa bagian yang lebih baik dari manusia.

Beberapa hewan mampu untuk melakukan hal-hal tertentu yang tidak bisa di lakukan manusia atau bahkan tidak pernah dipikirkan oleh manusia untuk melakukannya.

Artikel saya kali ini akan membahas beberapa hewan yang memiliki kecerdasan layaknya manusia atau bahkan lebih dari manusia dalam beberapa hal. Berikut adalah daftar 10 hewan paling cerdas di planet kita.

10. Merpati
Merpati merupakan pengantar kabar terbaik sepanjang sejarah. Mereka seperti legenda pengirim atau penyampai berita. Pada masa peperangan, merpati biasa di gunakan untuk saling mengirim pesan atau kabar, selain itu merpati selalu menjadi sumber komunikasi bagi pecinta Romeo dan Juliet. Banyak ahli mengungkapkan, merpati adalah pencari yang sangat baik, mereka mampu mengingat tempat yang pernah mereka lalui atau mereka tuju sepanjang hidup mereka. Tidak hanya itu, Merpati juga dapat mengingat wajah orang-orang yang pernah mereka temui dan mereka tidak akan melupakannya sepanjang hidup mereka.

9. Babun
Babun adalah salah satu dari kelompok primata dan merupakan salah satu hewan paling cerdas di planet kita. Babun memiliki kemampuan kognitif yang mirip dengan simpanse atau Orangutan dalam cara mereka berperilaku. Perilaku mereka mirip dengan manusia. Babun memiliki kemampuan untuk mengatasi stres setelah mengidentifikasi itu. Babun mampu menciptakan sistem sosial yang kompleks dan mereka memiliki kemampuan penting untuk berpikir dalam situasi sulit dan mampu menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan situasi sulit tersebut. Babun juga merupakan pencuri besar. Mereka mampu melakukan pencurian yang direncanakan.

8. Lumba-lumba
Lumba-lumba memiliki otak paling besar di antara spesies ikan lainnya yang ada di dunia ini. Lumba-lumba adalah salah satu hewan paling cerdas dan sangat ramah. Lumba-lumba dapat diajarkan untuk bermain game dan berkomunikasi dengan manusia dengan tanda-tanda dan bahasa tubuh. Lumba-lumba mampu menanggapi perintah manusia. Lumba-lumba membuat suara ketika mereka senang dan mereka juga memiliki perasaan serta emosi. Lumba-lumba juga di percaya dapat mengenali dirinya di cermin.

7. Anjing
Anjing adalah sahabat terbaik manusia. Anjing juga di kenal sebagai hewan yang paling setia di banding semua hewan yang ada di dunia ini. Mereka adalah satu-satunya hewan yang bisa mengorbankan hidup mereka untuk pemiliknya. Kecerdasan anjing bervariasi sesuai dengan jenis mereka. Anjing dapat dilatih untuk melakukan berbagai kegiatan. Anjing juga di latih oleh departemen kepolisian dan militer untuk memecahkan masalah.Anjing juga memiliki naluri untuk menyelamatkan pemilik mereka saat berada dalam bahaya.

6. Tupai
Tupai adalah binatang kecil dan lucu yang biasa hidup baik di lingkungan penangkaran maupun di alam liar. Tupai tidak berhubungan dengan kemampuan yang berhubungan dengan manusia. Mereka juga tidak bertindak seperti manusia, hanya saja ketika berhubungan dengan pertemuan makanan mereka akan berubah menjadi salah satu hewan paling cerdas yang pernah dikenal. Tupai bisa melampaui batas apapun, batas manapun untuk mengumpulkan makanan dan diyakini mereka juga memiliki kemampuan memori yang sangat baik.

5. Gurita
Gurita adalah hewan creepiest. Mereka adalah salah satu predator yang sangat terampil di dunia. Jadi tidak heran jika dalam film-film mereka di gambarkan sebagai hewan pemangsa yang kejam. Gurita memiliki kemampuan ekstrim serta menakjubkan untuk meniru lingkungan mereka dengan mengubah warna tubuh mereka menjadi seperti lingkungan mereka saat itu untuk bersembunyi dari serangan predator. Dan mereka bisa menjadi predator untuk predator, mereka dapat mengubah susunan rantai makanan di sekitar mereka dimana mereka yang memburu predator mereka.

4. Babi
Ya, Anda tidak salah baca, babi adalah salah satu hewan paling cerdas yang hidup di bumi. Babi umumnya dianggap bodoh karena pekerjaan mereka hanya makan,makan dan makan tetapi tidak pada kenyataannya. Kapasitas mental seekor babi bisa seperti seorang anak manusia yang berusia 3 tahun. Menurut ahli, babi memiliki emosi dan perasaan. Babi memiliki mimpi di malam hari dan mereka menangis saat mereka bersedih. Mereka memiliki kemampuan untuk belajar keterampilan baru setiap hari. Babi juga dapat mengatasi stres terhadap lingkungan.

3. Monyet rhesus dapat meniru perilaku manusia. Monyet rhesus diyakini memiliki kemampuan komunikasi yang canggih dan mereka memiliki kemampuan untuk membentuk struktur sosial yang kompleks dan bertindak sesuai dengan kelompok mereka. Mereka dapat mematahkan kayu yang keras dengan batu yang berat. Mereka menyerang secara berkelompok dan hebatnya, serangan mereka juga direncanakan terlebih dahulu dengan sangat baik dan rapi.


2. Orangutan
Sama seperti simpanse, orangutan juga diyakini mampu untuk meniru tindakan manusia. Mereka bisa beradaptasi dan menyalin perilaku manusia. Orangutan juga mampu belajar permainan dan memiliki kapasitas otak yang sama dengan anak manusia berusia 3 tahun. Mereka memiliki kemampuan yang unik untuk belajar keterampilan baru seperti menggunakan palu dan paku untuk meletakkan segala sesuatu bersama-sama. Orangutan juga diyakini memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mereka dapat memahami lingkungan mereka dengan cara yang lebih baik daripada hewan lain. Mereka juga mampu beradaptasi dengan mempelajari keterampilan baru saat mereka harus berpindah ke lingkungan yang baru.

1. Simpanse
Simpanse adalah hewan yang diklaim oleh banyak peneliti hewan sebagai spesies paling cerdas di dunia setelah manusia. Simpanse terlihat seperti manusia dan mereka juga bertindak seperti manusia. Simpanse memiliki kapasitas untuk berpikir seperti manusia dan beberapa simpanse juga telah belajar untuk bermain game dan memecahkan masalah matematika. Pikiran seekor simpanse ini dapat dilatih untuk membuat kapasitas otaknya sama dengan seorang anak manusia berumur 5 tahun. Dengan kemampuan kapasitas otak mereka itulah yang membuat mereka menjadi peringkat pertama dalam daftar hewan paling cerdas di dunia bahkan di planet Bumi.

Sumber: Wonderslist.

0 komentar:

Posting Komentar