Rutin Diet Tapi Belum Kurus, Ini Alasannya



Saya yakin hampir sebagian orang saat ini melakukan diet, termasuk Anda. Tapi sepertinya banyak juga dari kita merasa seperti tidak ada yang berubah dengan berat badan kita dan bentuk badan kita meskipun kita sudah diet.

Umumnya yang kita lakukan saat diet adalah makan makanan sehat dan rutin berolahraga. Anda sudah melakukan semuanya dengan benar seperti makan makanan sehat dan rutin berolahraga tetapi berat badan Anda tidak kunjung turun. Lalu apa yang salah?

Tidak peduli seberapa bagus Anda menjalani diet, ada kemungkinan salah satu dari 5 alasan ini adalah penyebab masalah penurunan berat badan Anda.

Berikut 4 alasan mengapa Anda tidak kehilangan berat badan saat diet.
1. Mengkonsumsi makanan yang salah
Seperti yang kita semua tahu, membakar kalori adalah salah satu hal terpenting jika Anda ingin menurunkan berat badan. Saat Anda ingin pergi ke gym sangat penting untuk konsumsi banyak karbohidrat seperti (nasi merah, kentang, biji-bijian, dll) untuk stamina Anda. Sedangkan ketika Anda sedang tidak berolahraga Anda harus melupakan karbohidrat dan hanya konsumsi makanan yang mengandung protein dan tentu saja sayuran. Sedikit trik, konsumsilah makanan yang tidak memiliki banyak bahan di dalamnya.

2. Terlalu banyak makan
Kebanyakan dari kita yang sedang menjalani diet, terlalu banyak makan makanan sehat. Anda perlu menyeimbangkan antara makan dan pembakaran. Lemak yang Anda bakar harus lebih banyak dari yang Anda konsumsi. Bukan berarti Anda harus berhenti makan. Anda hanya perlu makan perlahan dan berhenti sebelum kenyang.

3. Terlalu banyak Kardio
Kita semua tahu bahwa kardio sangat penting saat berolahraga, karena dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kesehatan jantung. Tapi jika Anda melakukannya terlalu banyak maka dapat menimbulkan efek sebaliknya. Sesi kardio yang panjang mampu membuat Anda kehilangan massa otot. Massa otot sendiri sangat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Jika massa otot Anda terganggu menyebabkan tubuh Anda menyimpan energi sebagai lemak sebagai bahan bakar cadangan, dengan demikian hal itu menyebabkan Anda tidak kehilangan berat badan sama sekali atau malah menambah berat badan Anda.

4. Terlalu stres
Saat Anda bekerja akan sangat mudah di landa stres. Penting untuk Anda memilii waktu untuk memulihkan pikiran sehingga tubuh Anda bisa terbebas dari stres. Tidak adanya waktu untuk pemulihan menyebabkan tubuh Anda menghasilkan kortisol (hormon stres) dalam jumlah besar. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama akan menimbulkan efek negatif seperti menciptakan lemak membandel. Hal ini juga bisa terjadi jika Anda memiliki kehhidupan profesional atau pribadi yang penuh tekanan. Jadi selalu pastikan untuk menjaga kesehatan emosional dan mental Anda tetap stabil.

Sumber: Healthadore.

0 komentar:

Post a Comment