Bintit Bukan Karena Mengintip, Ini Penyebab Sebenarnya


Gambar mata binti atau kelopak mata bengkak.
Kelopak mata bengkak atau bintit adalah sesuatu yang terlalu mencolok dan bisa menjadi masalah yang sangat menyebalkan untuk dihadapi. Kadang bengkaknya bisa sangat besar hingga menutupi mata Anda. Sebagian besar penyebab kelopak mata bengkak tidaklah berbahaya, namun terkadang masalah kecil bisa berubah menjadi masalah serius, jadi jangan pernah sepelekan masalah yang kecil.

Kelopak mata bengkak biasanya terjadi bila terjadi pembengkakan atau akumulasi cairan berlebih pada jaringan ikat yang mengelilingi mata.

Kelopak mata bengkak sendiri ada yang disertai rasa sakit tapi ada juga yang tidak terasa apapun tetapi bisa mempengaruhi kelopak mata atass dan bawah.

Ada banyak penyebab kelopak mata bengkak seperti infeksi mata, luka mata dan alergi. Kadang-kadang, pembengkakan kelopak mata juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius atau mengancam jiwa seperti orbital, penyakit grave dan herpes okular.

Umumnya pembengkakan pada kelopak mata sering diiringi dengan masalah iritasi mata, kelebihan produksi air mata, kemerahan pada kelopak mata, terganggunya penglihatan, mata merah dan pembengkakan konjungtiva, dan rasa nyeri.

Di atas tadi adalah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelopak mata, bukan karena mengintip orang mandi. Baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih banyak tentang alasan kelopak mata bengkak.

1. Stye
Ini adalah infeksi kelenjar di kelopak mata. Jenis yang paling umum menginfeksi kelenjar air mata yang ada di dasar bulu mata. Stye juga bisa terjadi di dalam kelopak mata akibat kelenjar minyak yang terinfeksi.

2. Chalazion
Terjadi saat kelenjar minyak di kelopak mata tersumbat. Benjolan ini bisa tumbuh cukup besar. Kompres dengan air hangat bisa membantu membersihkan chalazion.

3. Alergi
Jika kelopak mata bengkak dengan mata gatal, merah, berair, maka ini bisa disebut alergi pada mata. Debu, serbuk sari dan alergen lainnya bisa mengiritasi mata, sehingga menyebabkan reaksi alergi. Ini adalah salah satu penyebab utama kelopak mata bengkak.

4. Kelelahan
Kelelahan bisa membuat kelopak mata menjadi bengkak. Retensi air yang terjadi semalam juga bisa mempengaruhi kelopak mata. Hal ini bisa membuat kelopak mata Anda bengkak keesokan harinya.

5. Menangis
Menangis dapat menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata apalagi jika tangisannya berjam-jam. Hal ini terjadi karena adanya retensi cairan yang disebabkan oleh kenaikan aliran darah ke daerah sekitar mata.

6. Kosmetik
Saat produk kosmetik masuk ke mata, hal itu dapat menyebabkan iritasi pada mata dan jaringan sekitarnya, sehingga menyebabkan pembengkakan.

7.  Penyakit grave
Penyakit ini merupakan gangguan endokrin yang menyebabkan tiroid yang terlalu aktif. Kondisi ini juga bisa menyebabkan tiroid melepaskan sel yang tidak ada di mata untuk melawan infeksi. Antibodi yang dilepaskan selama proses dapat menyebabkan pembengkakan di mata.

8. Herpes okuler
Ini adalah infeksi herpes yang bisa terjadi di dalam dan sekitar mata. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak. Herpes okuler bisa terlihat seperti berwarna merah muda.

9. Blepharitis
Bakteri yang ada di dalam dan sekitar kelopak mata dapat menyebabkan kondisi yang disebut blepharitis. Seseorang dengan kondisi seperti ini dapat memiliki kelopak mata yang berminyak dan memiliki serpihan seperti ketombe di sekitar bulu mata.

10. Saluran air mata tersumbat
Bila saluran air mata tersumbat, mata tidak akan bisa menguras air mata sepenuhnya dan ini bisa mengakibatkan rasa sakit dan kemerahan. Jika Anda pernah mengalami kondisi ini maka mata Anda akan tertutup rapat dan sulit untuk di buka. Ini juga salah satu alasan utama kelopak mata bengkak.

Sumber: Boldsky.

0 komentar:

Post a Comment